Jumat, 29 Oktober 2021

Alasan Bisnis Online Ramai Namun Pemasaran Sedikit

 Banyak sekali yang bingung kenapa websitenya ramai tetapi penjualannya sedikit Alasan Bisnis Online Ramai Tapi Penjualan Sedikit
Banyak sekali yang gelisah kenapa websitenya ramai tetapi penjualannya sedikit. Pada dasarnya ini dilema yang cukup biasa dialami oleh usahawan online. Setelah mereka kecapekan mempelajari SEO dan menghabiskan duit untuk Facebook Ads atau Adwords, ternyata penjualannya tidak sepadan.

Bisnis online itu kebanyakan sama saja dengan bisnis offline di mana pembelinya ialah manusia yang mempunyai undangan-ajakan atau impian yang mesti dipenuhi. Gagal memenuhi tuntutan-permintaan ini maka penjualan anda akan sedikit sekali atau bahkan tidak ada.

Konversi yang masuk akal untuk suatu situs web yang dikontrol dengan benar setidaknya tidak kurang dari 1%.... Jadi jikalau  anda sudah mendapatkan 1000 pengunjung, tetapi tidak bisa menjual 10 barang dari 1000 pengunjung itu, maka mungkin ada yang perlu diperbaiki di situs web anda.

Saya sendiri mempunyai 3 bisnis online dengan konversi antara 3% sampai 15%. Tapi aku tidak akan memberitahukan apa bisnis saya di sini... itu diam-diam ^_^

Beberapa hal yang sering menjadi tuntutan dari pembeli di belanja online adalah:
  • Rasa Aman / Kepercayaan
  • Pemahaman Akan Produk
  • Harga
  • Promo/Gift
  • Kemudahan Berbelanja

Jadi pada sewaktu anda membuat landing page atau postingan untuk produk dan jasa anda; gunakanlah kacamata pelanggan dan pikirkan apa saja yang ingin pelanggan lihat dari suatu toko online.

RASA AMAN / KEPERCAYAAN

Ini yaitu yang paling pertama mesti anda usahakan pada dikala konsumen sampai ke halaman situs web anda. Gagal menerima ini, maka lupakan saja tahapan berikutnya.

Yang menjadi pertanyaan merupakan apa yang menciptakan konsumen merasa aman dan percaya untuk membeli di toko online anda? Faktor-faktor apa saja yang mampu membuat toko online anda mampu dipercaya padahal toko online anda belum terkemuka, dan mereka tidak memedulikan siapa anda?

1. Jangan Gunakan Domain Gratisan

Banyak sekali orang yang ingin membangun bisnis online tetapi dengan memakai domain gratisan. Padahal tidak mengecewakan banyak pelanggan online yang sudah mulai paham wacana dunia internet, dan mereka akan memandang website anda selaku situs web yang ngak modal dengan cuma menggunakan domain gratisan.

Toko online sangat TIDAK dianjurkan menggunakan domain gratisan.

Jangan mengikuti blog trikmudahseo ini yang masih menggunakan domain blogspot, alasannya adalah blog ini sekedar untuk share... dan memang reputasi blog ini telah dibangun cukup lama, jadi tidak pernah pusing memikirkan apakah orang mau yakin dengan apa yang tertulis di blog ini atau tidak....

2. Hindari Tampilan Amatiran

Anda sering mampu SMS tipu-tipu menang undian yang meminta anda mendatangi sebuah alamat situs web? Ciri khas websitenya ada dua ... ialah domain gratisan dan TAMPILANNYA PAYAH. Bagaimana bisa menciptakan penjualan yang banyak  bila performa website anda menyerupai orang yang baru kemarin sore mencar ilmu menciptakan blog?

Makara tentukan anda juga menentukan performa tema yang tampakmewah di browser pengunjung. Jika anda tidak tahu bagaimana caranya, maka ada aneka macam bimbingan online dan juga aneka macam jasa di dunia maya yang mampu menolong anda.

Pastikan anda memakai performa yang bersih dan tidak terlalu ramai. Begitu juga gambar produk mesti anda foto dengan penataan yang langsung dan usahakan dengan background putih. Jangan taruh begitu saja di atas meja ruang tamu atau di atas kawasan tidur anda kemudian di foto.

Editlah fotonya sedikit mudah-mudahan tampaklebih tajam dan jernih, jangan terlihat haze dan tidak menonjol .

Pengaturan sketsa warna, font, tata letak, dan foto yang baik, akan membantu anda mendapatkan imbas tampilan situs web yang elegan.

Ada aneka macam faktor yang menghipnotis TRUST konsumen, tetapi gagal di dua poin pertama ini akan membuat kejatuhan konversi penjualan yang besar sekali.

3. Perbanyak Konten Produk Anda

Kalau situs web anda berisi produk gabungan, maka semakin banyak produk yang anda tawarkan akan kian meyakinkan konsumen bahwa bisnis anda yakni riil. Jika anda memposting lebih dari 100 produk, maka itu lazimnya bukanlah hal yang akan dilakukan oleh situs web tipu-tipu.

Jarang sekali ada penipu yang akan benar-benar serius mengorganisir suatu situs web dengan serius. Mengelola suatu situs web dengan konten yang banyak memerlukan dedikasi. Mereka itu pemalas, dan alasannya mereka pemalas makanya mereka menipu.

Jadi situs web anda akan kian gampang menerima iman seiring dengan pertambahan konten pada situs web anda. Kalau ketika ini konten anda masih sedikit, ... anda bisa bergegas untuk mempercepat pertambahan ragam produknya. Biasanya ini juga akan memajukan SEO dari situs web anda.

Lalu bagaimana bila memang anda cuma memasarkan satu produk saja? Ya anda harus bikin halaman yang terlihat cantik dan profesional dengan halaman-halaman penunjang yang tampakrapi, ibarat profil anda, testimoni, cara reservasi, FAQ, dan masih banyak lagi. Buatlah layaknya website anda yakni situs web perusahaan ternama seperti bank-bank ataupun bisnis ternama yang lain yang ada di niche anda.

====

Jadi bila situs web anda sudah menggunakan domain sendiri dengan performa profesional dan memasarkan banyak produk, maka lazimnya orang akan mulai positive thinking ihwal bisnis anda....walaupun mereka tidak mengetahui anda.

4. Jangan Makara Customer Service Yang Gagap

Yang membuat penipu online bisa berhasil bukanlah website yang keren namun kesanggupan CS mereka yang sudah terlatih. Ya, kalau anda menelpon penipu anda akan mendengar suara mereka mirip CS perusahaan ternama.

Berbeda dengan sebelumnya, di mana anda mesti menghindari ciri khas dari penipu; di sini anda malah mesti memalsukan kesanggupan ini, alasannya adalah inilah yang membuat mereka berhasil. Kalau anda gagap sebagai customer service dan tidak menguasai produk anda, maka anda akan senantiasa gagal mendapatkan penjualan yang sudah di depan mata.

Semakin lama anda akan kian menguasai hal-hal apa saja yang menjadi hot button atau pemicu dari para konsumen untuk berbelanja produk anda, dan dikala anda sudah menguasai ragam hot button itu,....anda akan melihat angka penjualan anda meningkat.

PEMAHAMAN PRODUK

Jika anda mau pembeli anda membeli produk anda, maka anda mesti bisa menciptakan pembeli mengetahui bahwa mereka memerlukan produk anda. Pembelian cuma terjadi jikalau seseorang merasa membutuhkan atau terpesona dengan produk anda.

Tapi satu hal yang salah yang sering dijalankan oleh banyak bisnis online yaitu mereka berupaya meyakinkan calon pembeli dengan bikin goresan pena yang sungguh panjang sekali. Tulisan panjang itu baik untuk SEO tapi tidak untuk pembeli, jadi anda harus mengaturnya....

Anda perlu tahu bahwa rata-rata hadirin website itu malas membaca sesuatu yang panjang lebar.

Kaprikornus semestinya anda mencar ilmu dari marketplace ibarat LAZADA yang menunjukkan info penting di permulaan-permulaan artikel, dan nanti penjelasan lengkapnya gres anda letakkan di bawah. Artikel panjang lebar yang ada di bawah itu anda siapkan cuma untuk robot, dan pengunjung yang kepo saja ingin mendapatkan info detilnya. Jangan semua pengunjung anda paksakan untuk membaca info detil ini. Mereka akan kabur.

Kaprikornus awalilah postingan produk anda dengan suatu isu yang padat dan terang serta usul untuk berbelanja produk anda.

Segala klarifikasi panjang lebar itu bisa anda taruh di bagian bawah di bagian DETAIL PRODUK....

Bagian detail produk inipun jangan anda buat seperti gesekan pena di koran saja. Buatlah goresan pena ini menjadi suatu tulisan yang mampu dibaca dengan segera. Untuk itu gunakan heading, bold, dan poin-poin untuk menolong pembaca lebih praktis menyaksikan hal-hal mana saja yang penting dari tulisan panjang lebar itu.

Terkadang juga ada konsumen yang ingin mendapatkan keterangan yang tidak ada di halaman web anda. Di sini ialah bagian dari Customer Service untuk menampilkan tingkat pengetahuan produknya.

HARGA

Yang ini tidak butuhlagi saya jelaskan panjang lebar. Semua konsumen itu mencari harga yang terbaik. Makara makin mahal harga anda, maka akan kian besar kemungkinan anda kehilangan pemasaran.

Memang di dunia bisnis itu selalu ada dua opsi, apakah mau menekankan pada volume penjualan dengan laba yang sedikit-sedikit, atau semoga penjualan sedikit yang penting untungnya sama. 

Banyak orang yang condong memutuskan lebih baik pemasaran sedikit dengan untung besar, alasannya adalah pada kesannya jumlah keuntungannya sama saja....tetapi dengan beban kerja yang lebih sedikit.

Kalau memang kegiatan anda sungguh padat, maka pilihan ini bolehlah anda pilih. Tapi jika anda tak memiliki acara dan anda memilih pilihan ini cuma alasannya yaitu malas, maka anda mesti tahu bahwa menjual sedikit produk dengan untung besar, mempunyai potensi persoalan di lalu hari, di mana konsumen anda akan kian sedikit saja dikala mereka sadar harga anda kemahalan.

Opsi pertama di mana anda menekanan pada volume pemasaran dan hanya mengambil untung yang sedikit, condong akan mengumpulkan langganan dari waktu ke waktu. Biasanya pebisnis yang menyerupai ini dalam satu tahun sudah akan melipatgandakan pembelinya menjadi dua kali lipat atau bahkan lima kali lipat.

Jadi anda pilih denah harga yang mana?

Tapi ingat, harga juga JANGAN terlalu murah. Soalnya banyak juga konsumen yang mengakibatkan harga yang terlalu murah selaku indikasi penipuan. Jadi kalaupun anda mendapatkan jalur distribusi yang lebih pendek sehingga mampu menunjukkan dengan harga yang jauh lebih murah, tetap hati-hati dalam menerapkan harga.

PROMO dan GIFT

Ya semua orang....terutama di Indonesia suka berbelanja yang murah dan ada gratisannya. Makara jikalau anda mampu memperlihatkan promo khusus, atau kado gratisan, maka itu juga bisa mengoptimalkan angka pemasaran anda (dengan catatan bisnis online anda telah ramai, jika belum ramai ... ya anda mesti cari trafiknya dahulu)

Gift gratisannya juga mesti sesuatu yang menarik atau memang anda rasakan akan diharapkan oleh konsumen yang ada di niche anda. Jika tidak mempesona ya tidak ada gunanya juga. Hal ini lazimkita lihat di pedagang panci yang menghadiakan buku resep, atau di pedagang online yang beli produk dengan harga sekian gratis ongkir, dll.

KEMUDAHAN BERBELANJA

Kalau anda bikin bisnis online itu pastikan anda mempermudah pembeli untuk membeli. Misalnya dengan tata cara belanja yang sederhana, rekening yang bermacam-macam dan pilihan ongkir yang murah sampai yang tecepat.

Cukup banyak bisnis online yang kehilangan profit alasannya pembeli yang gagal paham bagaimana cara berbelanja di toko online tersebut. Atau alasannya adalah bank konsumen tidak tersedia, padahal konsumen tidak mamu membayar ongkos transfer beda bank.

========

Kalau bisnis online anda sudah memperlihatkan yang terbaik untuk 5 hal di atas, maka rasanya gila sekali jikalau penjualan bisnis online anda masih sedikit. Jika kelima hal di atas masih gagal, maka klarifikasi terakhir cuma satu, adalah anda menargetkan market yang salah. Market ini mungkin saja ramai, tetapi tidak terlampau membutuhkan produk atau jasa yang anda tawarkan.