
Berapa banyak jumlah link yang boleh dipasang dalam satu halaman yakni salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh mereka yang baru pertama kali mencar ilmu SEO. Ini ialah sebuah pertanyaan yang umumnya sulit dijawab alasannya adalah setiap website itu berbeda sifatnya.
Berbeda sifat bagaimana maksudnya?
Begini, seandainya saya menciptakan website yang membicarakan perihal cara membuat situs web, maka memiliki 30 hingga 50 link di dalam halaman situs web tersebut yaitu sesuatu yang masuk akal. Tapi jikalau aku membuat website informasi, maka mempunyai 200 sampai 300 link di dalam satu halaman web itu juga masih termasuk masuk akal....
Kaprikornus bagaimana menentukan berapa banyak link yang bisa dipasang dalam satu halaman? Bagi saya yang ideal yakni SEMINIMAL MUNGKIN DAN YANG BENAR-BENAR PERLU SAJA....
Nah alhasil banyak yang bingung, yang benar-benar perlu itu seperti apa?
Pertimbangan dalam memasang link di suatu halaman
Link yang sitewide
Link yang sitewide ialah link yang ditampilkan disemua halaman situs web anda. Seperti pada hidangan di header, atau link pada sidebar dan footer.
Link Pada Header
Usahakan semua link pada header ialah link untuk halaman-halaman penting di dalam situs web anda. Misalnya link-link menuju halaman yang paling sering dicari di niche anda atau yang terbesar trafiknya. Jangan sekali-kali memasang eksternal link di dalam tempat header alasannya akan bikin anda sulit mengumpulkan poin.
Jangan juga terlampau banyak link di dalam header ini. Sepuluh itu nilai jumlah link yang wajar. Kecuali anda berpengaruh mencari backlink.
Link pada sidebar
Link pada sidebar ini bisa anda fokuskan untuk memastikan Googlebot merayapi semua postingan anda. Jadi di sini anda dapat memasang link label dan arsip dari blog anda. Anda juga bisa memasang link ARTIKEL TERLARIS ataupun ARTIKEL TERBARU di sidebar situs web anda.
Link Pada Footer
Untuk footer sendiri anda mampu memasang link yang menawarkan keterangan tentang siapa anda ataupun apa usaha anda. Misalnya: link author atau wacana kami, atau disclaimer, atau hubungi kami. Kalau anda memang sungguh ingin memasang halaman sosial media, maka footer yakni opsi yang paling sesuai.
Link Pada Artikel
Artikel Utama atau Penunjang
Pada ketika anda mempertimbangkan untuk memasang link di dalam halaman artikel anda, maka coba pikirkan apakah postingan yang anda buat ini yakni postingan andalan anda untuk trafik atau sekedar postingan pendukung postingan utama. Jika ini yakni artikel utama, maka anda dapat menaruh beberapa link menuju postingan pendukung, tetapi tentukan ada link postingan utama di postingan pendukung tersebut.
Tapi jikalau anda membuat ini sebagai artikel pendukung, maka anda bisa memilih ada link menuju postingan-postingan utama, tetapi di artikel-postingan utama, tidak wajib ada link menuju postingan pendukung ini. Artikel-postingan utama juga bisa anda tampilkan linknya secara sitewide, namun postingan pendukung semestinya disingkirkan tampil sitewide.
Lihat Posisi Yang Relevan Untuk Link
Relevansi sangat penting dalam meletakkan internal link. Makara usahakan menaruh suatu link pada posisi yang berada di antara paragraf yang memang sungguh konsentrasi membahas hal-hal yang senada dengan halaman yang dituju oleh link tersebut.
INGAT!
Jika anda harus memasang eksternal link; usahakan eksternal linknya betul-betul berkaitan. Untuk membantu anda, maka anda bisa melakukan search menggunakan kata kunci yang mau anda pergunakan sebagai anchor text. Hasil yang keluar dari penelusuran ini pastilah yang paling berhubungan dalam evaluasi Google, jadi gunakan itu. Tapi jangan terlampau banyak....2 ekstrnal link sudah cukup.
Untuk website download, harap selalu gunakan nofollow pada link yang menuju halaman download.