
Kalau anda termasuk yang dirugikan oleh update-update kali ini, jangan frustrasi seperti gambar di atas ya ... 😆
Banyak situs web yang mengalami perubahan peringkat, dan itu bermakna Google memang melaksanakan pergantian yang besar pada hukum main mereka. Jika kita tidak bisa mengetahui aturan main yang gres dan menyesuaikan situs web kita pada aturan main yang gres ini, maka kemungkinan besar situs web yang sebelumnya sungguh superior pun akan sukar untuk bersaing.
Ada 4 kali update dalam waktu yang sungguh berdekatan, dan sepertinya sungguh kuat ke ranking.... Hal ini menciptakan jadi sungguh sulit untuk menentukan langkah-langkah apa yang mesti dilakukan untuk mengatasi problem yang timbul.
Empat Update ini mensugesti 4 hal, yakni:
- Konten yang di-spin
- Halaman yang mobile friendly
- Relevansi
- Pagerank
Catatan: Tulisan perihal update algoritma Google terbaru di tahun 2018 ini sifatnya masih pengamatan permulaan dan ada kemungkinan analisanya bisa berubah. Soalnya gres kali ini terjadi; beberapa update besar yang sungguh berdekatan.
Tips buat anda yang trafiknya jatuh, cobalah untuk menyaksikan bagaimana kondisi dari situs web yang naik menggantikan posisi anda. Coba cek hal-hal apa saja yang ada di situs web tersebut yang lebih baik dari website anda.... dan coba perbaiki kondisi dari halaman web anda.
Untuk menolong anda menerima pengertian perihal Algoritma Google yang terbaru, aku akan berkonsentrasi pada 4 keadaan situs web yang dipengaruhi oleh update-update ini.
KONTEN YANG DI-SPIN
Ini adalah update algoritma yang terjadi di permulaan bulan maret yang kemudian, dan bisa dibilang banyak yang terkena efek dari update Algoritma ini. Update ini di dunia SEO internasional disebut selaku Algoritma BRACKETS atau TANDA KURUNG. Mungkin alasannya yaitu algoritma ini menargetkan konten-konten yang di-spin.

Bisa dilihat dari postingan di atas ada kutipan:
Content which is copied, but changed slightly from the original. This type of copying makes it difficult to find the exact matching original source. Sometimes just a few words are changed, or whole sentences are changed, or a “find and replace” modification is made, where one word is replaced with another throughout the text. These types of changes are deliberately done to make it difficult to find the original source of the content. We call this kind of content “copied with sekurang-kurangnyaalteration.” Google Search Quality Evaluator Guidelines March 2017
TERJEMAHANNYA: Konten yang dicopy namun diubah sedikit dari aslinya. Copas tipe ini menjadikannya sulit untuk dicari sumber aslinya yang persis sama. Terkadang cuma beberapa kata saja yang diubah, atau keseluruhan kalimat diubah, atau pembiasaan "cari dan ganti" dijalankan, di mana sebuah kata digantikan kata yang lain di sepanjang teks. Perubahan menyerupai ini sepenuhnya dilaksanakan untuk menciptakan sukar didapatkan sumber asli dari konten tersebut. Kami menyebut konten ini "dicopy dengan sedikit pergantian". Panduan Pengevaluasi Kualitas Pencarian Google Maret 2017.
Makara terang jikalau teknik di atas sudah menjadi target Google dari Maret 2017 dan update Maret 2018 memberikan niat dari Google.
Banyak pelaku SEO di Amerika yang menghimpun halaman-halaman yang drop di permulaan maret kemudian, dan mereka memperoleh bahwa hampir semuanya memiliki satu persamaan, yakni konten yang di-spin.
Apakah itu memiliki arti bila postingan anda di-spin anda pasti terkena efeknya? Bisa jadi menyerupai itu, bisa jadi juga belum dikala ini.... alasannya Google mesti menghimpun banyak data dari seluruh internet sebelum memutuskan jikalau konten anda yakni hasil spin.
Makara mampu saja Algoritma ini diupdate di bulan Maret, tetapi situs web kita gres kena hantamannya di bulan April atau Mei.
Kalau di saat ini situs web anda terindikasi berurusan dengan update algoritma yang terbaru, maka saya lebih merekomendasikan anda untuk menjajal mengedit postingan-postingan andalan dari website anda menjadi suatu postingan yang unik. Setelah itu kerjakan Fetch as Google dan ajukan pengindeksan ulang.
HALAMAN YANG MOBILE FRIENDLY
Ujicoba tata cara mobile first index juga sudah berakhir dan sekarang algoritma ini sudah dimasukkan ke dalam algoritma inti. Jadi situs web yang tidak memiliki struktur yang mobile friendly atau setidaknya berat pemuatannya akan menerima persoalan di kurun mobile first index ini.
Aturan mobile yang diusulkan oleh Google yakni situs web anda mempunyai isi konten yang serupa antara performa desktop dan penampilan mobilenya. Begitu juga dengan URL-nya .... Google merekomendasikan kita untuk menggunakan URL yang sama untuk versi desktop dan mobile.
Kecepatan muat situs web juga perlu diperhatikan, alasannya adalah Google mengusulkan konten paruh atas (sebelum layar digeser ke bawah) itu bisa dimuat dalam waktu 3 detik. Untuk para pemilik situs web yang halamannya berat dimuat di perangkat mobile, ada baiknya mengecek penggunaan javascript dan CSS di halaman web tersebut.
Siapa tahu saja ada javascript atau CSS yang membatasi pemuatan halaman.
Biasanya pemilik situs web yang ingin penampilan websitenya super canggih atau mau "memaksakan" monetisasi pada websitenya akan menggunakan beberapa script yang justru bikin situs web menjadi lambat diangkut.
Sebaiknya ditinjau lagi websitenya dari permulaan dan berguru lagi cara bikin situs web yang ringan untuk penggunaan mobile.
Sangat banyak situs web yang sewaktu pertama kali dibentuk sungguh mobile friendly, namun sesudah beberapa lama menjadi kurang mobile friendly lagi alasannya yakni pengelolaan yang buruk. Bisa karena ada penambahan widget-widget gres, dan dapat juga alasannya adalah memasukkan gambar yang terlalu besar ukurannya.... Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab rusaknya performa situs web.
Kalau anda sungguh-sungguh resah di mana masalahnya, cobalah menciptakan situs web anda kembali ke kondisi awalnya saja di mana situs web masih cukup sederhana.
RELEVANSI
Google sendiri mengakui jikalau ada banyak situs web yang sebelumnya ranking sangat bagus menjadi drop ketika update-update ini dijalankan. Website-situs web yang drop ini yakni situs web-situs web yang memiliki konten-konten yang sangat bermutu, cuma saja oleh algoritma gres dianggap kehilangan relevansi....
Kalau kita bicara RELEVANSI, maka kambing hitamnya merupakan RANKBRAIN....
Untuk yang sering mengamati SERP mungkin akan menyadari ada perubahan yang ajaib dalam sebulan terakhir ini, di mana halaman pertama Google sungguh dinamis. Ada aneka macam perputaran peringkat dalam waktu yang sungguh akrab.
Halaman yang ranking 1 hari ini bisa jadi ranking 4 esok harinya atau mungkin ranking 7 atau ranking 3. Hasil penelusuran bisa berbeda cuma dalam selang waktu yang tidak usang. Kenapa bisa mirip itu?
RANKBRAIN mempunyai ruang pencarian untuk melakukan pengujian kepada hasil penelusuran alternatif. Di ruang pencarian alternatif ini Google sering mengoptimalkan hasil-hasil pencarian yang berlainan untuk melihat persentase kepuasan pengguna Google.
Yang menjadi masalah ialah sewaktu Google menemukan hasil pencarian yang memberikan persentase kepuasan penguna yang lebih baik dari situs web kita. Tinggal menanti waktu saja situs web kita akan disingkirkan oleh website lain ini.
Kalau kita sudah berhasil menciptakan situs web yang mempunyai kecepatan yang cantik, maka dalam hal relevansi ini kita harus menyaksikan info apa yang tersedia di situs web lain ini yang tidak diberikan oleh situs web kita. Cek juga apakah penjelasan kita lebih gampang dimengerti daripada website pesaing ini....
Kalau ternyata konten kita dirasa lebih baik, cobalah untuk mencari tahu apakah ada bagian lain di halaman situs web kita yang membuat pengunjung merasa tidak betah. Cobalah membuka halaman-halaman web kita di perangkat mobile, untuk mencari tahu apakah ada hal-hal yang tidak bekerja sebagaimana mestinya.
PAGERANK
Sistem pagerank Google sendiri telah tertutup untuk lazim, jadi kita tidak bisa menyaksikan nilai Pagerank yang paling faktual ketika ini. Hanya saja beredar di internet kalau Google mempunyai patent yang gres untuk sistem pageranknya.
Beberapa hal yang bisa diterapkan untuk meningkatkan secara optimal situs web kita antara lain dengan memperbaiki struktur label/klasifikasi di dalam semua konten situs web, menghalangi jumlah link di dalam sebuah halaman menjadi sesedikit mungkin (dibatasi cuma pada link yang benar-benar perlu saja) dan menghapus external link yang sitewide.
Jika anda ketika ini sedang mengoptimasi halaman tertentu, maka sungguh dianjurkan supaya halaman postingan tersebut mempunyai link yang sitewide (timbul di semua halaman web). Anda bisa memasang link menuju postingan andalan tersebut pada hidangan header, atau sidebar.
PERHATIAN
Jika anda melaksanakan pergantian pada situs web anda, harap secepatnya melaksanakan Fetch as Google dan minta pengindeksan ulang. Tapi sehabis pengindeksan ulang terjadi, belum tentu ranking anda akan eksklusif berubah....
Seperti lazimGoogle masih harus melaksanakan uji relevansi untuk konten anda. Makara anda masih mesti menunggu seminggu atau dua minggu untuk menyaksikan apakah perbaikan anda memperlihatkan hasil....
Tapi ibarat yang sudah saya diskusikan sebelumnya di artikel KENAPA SEO BLOGSPOT LEBIH SULIT?; .....maka pengguna blogspot yang terkena penalty memang mempunyai tantangan yang lebih berat, sebab struktur blogspot memang tidak begitu SEO ready....jadi memang lebih sulit untuk mengungguli persaingan.