- Menyingkirkan halaman yang tidak berafiliasi
- Mengumpulkan halaman yang bekerjasama
- Menyusun halaman yang berhubungan untuk memperoleh yang paling berhubungan
Karena tidak ada satu aspek yang cukup memadai untuk menerima ketiga hal di atas, maka mesin pencarian memakai terlalu banyak algoritma yang menjumlah ratusan faktor. Rumus dari Algoritma ini tidak pernah diumumkan; tetapi lewat banyak percobaan para pelaku SEO di luar sana disimpulkan beberapa aspek umum, mirip:
- Kualitas link: Jumlah, mutu, dan teks jangkar yang digunakan pada link masuk
- Faktor Onpage: Title tag, Desain responsif, kecepatan muat halaman, struktur halaman, dll
- Parameter Brand: Seberapa terkenal brand dari perjuangan, dan seberapa sering merk dikutip di dunia maya
- Konten: Kualitas dari konten, frekuensi update, jumlah kunjungan dan jumlah bagikan di media umum
Satu hal yang perlu anda ketahui ketika anda gres mencar ilmu SEO yakni faktor-faktor ini dinamis dan bisa berganti setiap ketika. Oleh alasannya adalah itu ada golongan orang yang disebut pelaku SEO, merupakan orang-orang yang menghabiskan waktunya untuk mengamati pergeseran yang terjadi pada mesin pencari.
Perubahan yang terpenting di dalam algoritma Google selama 4 tahun terakhir ini ada pada 3 algoritma khususnya; yaitu hummingbird, penguin dan panda, dan di dalam postingan ini anda akan berguru mengenal ketiga algoritma Google ini.
Hummingbird
Selain memperbesar pentingnya halaman web yang mobile friendly, algoritma hummingbird juga memperkenalkan rancangan pencarian yang kontekstual. Jadi Google kini tidak cuma memperlihatkan hasil pencarian berdasarkan keyword yang kita masukkan tetapi juga akan mengenai keyword yang sungguh kuat relasinya dengan kata kunci yang kita masukkan.
Jadi kini orang sudah bisa bertanya secara verbal di smartphonenya dan Google berupaya mengerti konteks dari pertanyaan tersebut. Bisa saja yang melaksanakan pertanyaan memasukkan keyword "kiat fotografi" dan Google juga mencari hasil pencarian di keyword photography, fotografer, kamera, dll. Kaprikornus sungguh penting untuk membuat artikel anda sarat dengan sinonim ataupun kata-kata lain yang sering dikutip di dalam topik tersebut, biar anda juga menerima peluang di pencarian yang bersifat kontekstual.
Era di mana mengulang keyword dengan kaku dan berlebihan sudah melalui. Bukan saja itu tidak menguntungkan dari segi SEO, namun juga menciptakan pembaca sungguh tidak nyaman membaca goresan pena kita.
Makara inilah algoritma penentu peringkat dari halaman web anda di hasil pencarian. Namun, sebelum halaman web anda hingga di "meja penilaian" hummingbird, semua halaman web itu mesti lolos dari endusan algoritma Panda dan Penguin.
Panda
Halaman-halaman yang spammy dan menumpuk keyword ibarat ini masih bisa didapatkan masuk dalam ranking 10 besar pada keyword yang persaingannya rendah atau pada kata kunci yang memang didominasi oleh halaman-halaman web yang spammy.
Makara Panda ini semacam satpam di depan pintu yang menentukan halaman web anda tidak melanggar aturan Google. Hanya halaman-halaman web yang memenuhi persyaratan dari algoritma panda ini saja yang mampu masuk ke penilaian berikutnya di algoritma hummingbird. Dengan kata lain mereka yang tidak lolos penilaian tidak akan masuk dalam halaman hasil penelusuran dan ini yang disebut selaku Penalty atau hukuman dari Google Panda. Anda tidak akan mampu keluar dari penalty Google panda sampai anda menuntaskan permasalahan di onpage anda.
Algoritma Panda bermain di area onpage untuk menentukan seberapa mampu dipercaya sebuah halaman web. Algoritma Panda menentukan beberapa hal, seperti:
- Kesegaran halaman
- Apakah ada postingan duplikat dari konten gres anda?
- Apakah ada kesalahan pengetikan?
- Apakah ada suatu keterangan yang unik dan penting di halaman tersebut?
- Apakah halaman bersifat spam dan penumpukan keyword ?
Penguin
Untuk menetapkan anda aman dalam melaksanakan link building maka ada 4 hal yang perlu anda perhatikan dalam melaksanakan link building:
- Apakah backlink berasal dari situs web yang cukup berkualitas? Bukan situs web yang gres dibuat kemarin cuma untuk menjadi backlink buat web yang dioptimasi.
- Apakah backlink berasal dari halaman yang berhubungan? Di mana link tersebut berada di antara teks yang memang membicarakan duduk perkara tersebut.
- Apakah backlink berasal dari web yang juga mempunyai profil yang elok? Dan bagaimana profil backlink secara menyeluruh dari web kita sendiri?
- Apakah backlink yang tiba menuju web anda beragam dalam segala hal utamanya teks jangkar yang memuat keyword ?