Kamis, 04 November 2021

Cara Melaksanakan Optimasi Seo Onpage (Intermediate)

 Salah satu optimasi website yang masih banyak tidak diketahui oleh pelaku SEO pemula adal Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage (intermediate)
Salah satu meningkatkan secara optimal situs web yang masih banyak tidak dimengerti oleh pelaku SEO pemula yakni meningkatkan secara optimal SEO onpage. Optimasi SEO onpage ini yakni semua meningkatkan secara optimal yang bisa anda kerjakan pada website anda untuk bikin Google menggemari web anda.

Jadi di sini akan dijelaskan secara sedikit demi sedikit apa yang bisa anda kerjakan untuk optimasi onpage dari blog anda. Sayangnya artikel ini lebih sesuai untuk pelaku SEO intermediate level yang sudah punya beberapa pengetahuan SEO dasar. So, untuk yang sungguh-sungguh gres mencar ilmu SEO, mungkin bisa mempelajari bimbingan ini dengan sungguh perlahan dan membuka-buka link yang ada di dalam postingan ini.

Mari kita mulai.....

Optimasi SEO onpage yang diterangkan di dalam postingan ini akan terbagi atas beberapa bagian utama:
  • Optimasi pada bab head halaman web
  • Optimasi pada pecahan body halaman web
      • Optimasi halaman tampang
      • Optimasi sitewide
      • Optimasi halaman artikel
  • Yang mesti disingkirkan ketika melakukan meningkatkan secara optimal SEO onpage

Artikel ini akan sangat lengkap membahas kasus onpage, jadi untuk anda yang sungguh-sungguh mau serius membuatkan keadaan dari situs web anda silahkan membaca secara perlahan supaya anda dapat melakukannya dengan benar.

Panduan ini berlaku untuk semua halaman web dan bukan cuma untuk blogspot saja. Makara setiap pemilik web silahkan mengusahakan mudah-mudahan webnya sesuai dengan isyarat di bawah ini.

Optimasi Pada Bagian Head Halaman Web

Yang dimaksud dengan bab head dari halaman web yakni cuilan yang di batasi oleh arahan hingga di dalam halaman web anda. Ada 2 hal penting yang mesti anda amati di dalam bab head ini merupakan title tag dan meta description

Dua serpihan ini saja yang perlu menjadi fokus utama dari belahan head ketika membuat halaman web anda....

Title Tag

Ada berbagai orang yang membuat title tagnya menjadi sungguh panjang, bisa ada puluhan kata di dalam title tag. Ini bukanlah praktik yang elok alasannya yakni bertambah banyak kata di dalam title tag anda, maka setiap kata cuma akan mendapatkan poin yang kecil. Itu akan sangat mempersulit halaman web anda untuk menguasai keyword yang tertentu.

Title tag itu semestinya dibatasi 7-8 kata saja. Dan kalau anda masih punya acara untuk mengangkat keyword lainnya, maka sebaiknya buat halaman gres yang ditujukan khusus untuk meningkatkan secara optimal keyword tersebut. Ingatlah untuk senantiasa memutuskan tidak ada halaman web yang memakai title tag yang sama.

Yang perlu anda perhatikan yaitu type dari situs web anda. Apakah situs web anda membahas banyak niche atau konsentrasi pada niche tertentu saja.

Kalau situs web anda yakni website yang fokus pada niche tertentu, maka anda dapat memakai title tag untuk kata kunci paling berat di dalam situs web anda. Ini berlainan dengan mereka yang memakai aneka macam niche yang berlainan di dalam satu websitenya. Jika situs web anda merupakan gabungan dari banyak niche, maka halaman home hanya bisa memakai kata kunci yang biasa. Kata kunci per nichenya bisa anda fokuskan pada halaman pembagian terstruktur mengenai.

Kata kunci yang biasa itu menyerupai "isu terbaru" atau "portal info" atau cukup cuma berisikan nama domain saja.

Yang perlu anda ketahui saat anda menciptakan situs web dengan banyak niche, maka anda sama saja bikin banyak website yang masing-masing berkonsentrasi pada satu niche. Jika anda bikin 5 niche berbeda, maka itu sama saja anda mengoptimasi 5 website yang berlawanan. Jadinya akan sungguh sulit untuk mengoptimasi banyak niche berbarengan di dalam satu domain. Satu sama lain akan saling mengaburkan fokus relevansi keyword di keseluruhan situs web.

Bagi anda yang pernah membuat situs web dengan niche yang bermacam-macam dan situs web dengan niche yang konsentrasi, niscaya bisa merasakan beda tingkat kesulitan dalam optimasinya. Anda harus bekerja keras melaksanakan update artikel dan juga mencari backlink bila nichenya campur aduk.

Saat bikin title tag di halaman postingan sebaiknya anda tidak butuhmengikutkan title tag dari halaman home atau brand anda. Kecuali anda memang berencana menyebabkan merk anda menjadi keyword yang dapat dicari orang suatu dikala nanti, maka silahkan mulai mengoptimasi brand menjadi keyword .

Rangkuman:
  • Optimasi SEO onpage untuk title tag itu semestinya optimal 7-8 kata. Kalau ada banyak keyword yang ingin anda menangkan, maka buatlah postingan yang lain, itu akan jauh lebih gampang
  • Untuk situs web yang hanya membicarakan satu niche....keyword terutama senantiasa dimasukkan di dalam title tag dari homepage. Sedangkan untuk situs web yang mempunyai banyak niche, maka keyword utama untuk masing-masing niche difokuskan pada halaman kategorinya.
  • Jangan pakai brand di title tag, kecuali memang itu konsentrasi dari bisnis anda. Misalnya crystal x, vimax, dll.
  • Pastikan tidak ada halaman yang menggunakan title tag yang serupa.

Meta Description

Meta description yakni meta tag yang ditaruh di dalam halaman untuk membantu Google mengetahui konten dari halaman anda. Sifat dari meta description ialah rekomendasi, jadi Google tidak wajib menggunakannya. Terkadang Google menciptakan deskripsi sendiri. Makara untuk anda yang tidak memasang meta description, potensi untuk menjadi ranking 1 masih tetap ada.

Meta description ini cuma membantu anda menargetkan keyword yang betul-betul anda inginkan. Dan kalau Google oke dan menganggap saran anda berhubungan , maka meta anda akan dipakai. Perlu anda catat bahwa panjang maksimal dari meta description ini yakni 150 huruf.

Apa fungsi dari meta description di dalam optimasi SEO onpage?  Fungsinya yaitu memperluas target keyword untuk variasi long tail keyword. Kata-kata yang anda masukkan ke dalam meta description bisa diperhitungkan dalam peringkat keyword yang panjang. Misalnya anda yakni perusahaan yang menjual kendaraan beroda empat dari aneka macam perusahaan manufaktur, maka akan terlalu panjang jikalau anda memasukkan semua brand dan type ke dalam title tag. Anda mampu memasukkannnya ke dalam meta description.

Makara kalau di dalam meta description home anda bisa memasukkan merek seperti toyota, honda, daihatsu, mitsubishi, dll, maka anda bisa memasukkan type-type dari masing-masing brand mobil ke dalam meta description dari halaman klasifikasi. Misalnya untuk klasifikasi kendaraan beroda empat toyota, bisa anda masukkan di dalam meta descriptionnya type agya, avanza, rush, yaris, fortuner, dll.

Pastikan setiap kata yang anda masukkan ke dalam meta description ini berhubungan dengan konten halaman dan bisa didapatkan di dalam halaman tersebut oleh pembaca.... minimal 3x pemunculan.

Rangkuman:
  • Atur penggunaan meta description anda untuk mendapatkan kombinasi keyword yang lebih luas
  • meta description optimal 150 aksara dan berhubungan dengan konten halaman

Jika anda bisa melaksanakan 2 pengaturan pada belahan head dari halaman web anda ini dengan benar, maka anda sudah melaksanakan meningkatkan secara optimal yang sangat penting dari SEO onpage. Jangan hingga anda gagal melakukan bab yang ini atau meningkatkan secara optimal anda akan sungguh berat.

Optimasi SEO onpage Pada Body Halaman Web

Setelah anda mengenali bagaimana cara melaksanakan meningkatkan secara optimal pada bab head, maka sekarang anda bisa menjajal melaksanakan meningkatkan secara optimal SEO onpage pada pecahan body. Inilah cuilan yang hendak ditampilkan di browser untuk para hadirin situs web anda. Ada banyak sekali meningkatkan secara optimal penting yang mesti anda amati di sini. Jika salah melakukannya, maka relevansi situs web anda untuk keyword yang anda targetkan bisa menjadi sungguh lemah.

Optimasi untuk bab body ini menyangkut tiga belahan utama, yakni tampilan seluruh situs web (sitewide), performa khusus home dan performa khusus halaman postingan. Jadi kini anda bisa menjajal untuk mempelajari bagaimana cara membuat struktur halaman web anda yang menjadi lebih SEO friendly.

Optimasi SEO onpage sitewide (berlaku di semua halaman web)

Yang perlu anda amati pada meningkatkan secara optimal SEO onpage di seluruh halaman web yaitu:
  • Pastikan tidak ada link keluar yang berada di bagian atas halaman. Banyak situs web melaksanakan kesalahan dengan menaruh link media sosialnya di bagian header. Link media biasa ini sebaiknya ditaruh di serpihan sidebar jikalau memang dibutuhkan
  • Pastikan link paling penting dari website anda dimasukkan ke dalam suguhan header 
  • Sedapat mungkin tidak ada link keluar menuju halaman web yang tidak ada hubungannya dengan niche dari situs web anda. Misalnya situs web anda yakni situs web otomotif, maka jangan memasang link menuju situs web kuliner.
  • Jangan memakai script yang waktu muatnya terlalu lama dan bisa membatasi pemuatan halaman anda, alasannya ialah bisa menghambat perayapan oleh robot. Jadi tentukan halaman web anda bisa dimuat dengan mudah.
  • Jika situs web anda mempunyai banyak niche, maka semestinya memasang link dari top postingan masing-masing niche pada sidebar dari situs web
  • Pastikan cuma ada suatu Heading 1 atau H1 atau heading utama di setiap halaman web anda, dan tetapkan H1 itu memuat kata kunci utama dari halaman tersebut.
  • Sebaiknya link di setiap halaman itu dibatasi 50 saja dan seluruhnya saling berhubungan dengan konten dari halaman tersebut. Hanya saja untuk situs web yang mempunyai banyak niche niscaya ini akan menjadi problem, dan sulit membatasi jumlah link di dalam satu halaman, jadi web seperti ini harus kuat mendapatkan backlink 
  • Usahakan menaruh link dari peta situs anda pada sajian header
  • SAAT INI PENCARIAN VIA MOBILE SUDAH LEBIH BESAR DARI PENCARIAN VIA PC DESKTOP JADI GUNAKAN THEME YANG MOBILE FRIENDLY ALIAS RESPONSIVE DESIGN.
Kurang lebih ini ialah optimasi SEO onpage sitewide yang perlu anda amati dikala anda membuat situs web anda .

Optimasi SEO onpage pada beranda atau homepage

Selain semua hal yang ada di atas, ada beberapa meningkatkan secara optimal perhiasan yang perlu anda jalankan pada halaman homepage anda untuk menolong halaman web anda menerima ranking.
  • Jika anda membuat situs web dengan niche yang spesifik dan mengincar keyword tertentu, maka semestinya anda meletakkan keyword tersebut di dalam judul dan di dalam paragraf pertama, alasannya ini yang mau ditayangkan di halaman home dari situs web anda. Ini akan sungguh menolong dalam menjaga kepadatan keyword di halaman homepage anda.
  • Ingat untuk senantiasa memasang read more di setiap postingan baru. Jangan membiarkan postingan ditampilkan utuh di halaman homepage, alasannya ialah setiap pengerjaan postingan gres, maka postingan lama akan karam. Menampilkan postingan dengan utuh akan membuat pergeseran susunan kata menjadi sungguh drastis, dan ini bisa membuat Google mengkalkulasi ulang halaman web anda dan membuat pergeseran nilai yang sungguh besar, sehingga web anda akan sukar untuk stabil di peringkat tertentu.
  • Jika anda membuat banyak niche/pembagian terstruktur mengenai, maka usahakan setiap niche mempunyai kolom postingan-postingan terbarunya sendiri di halaman homepage.
  • Pastikan judul utama situs web anda terdiri dari keyword utama dan menggunakan heading H1...dan gunakan H2 untuk judul-judul postingan.
  • Sedapat mungkin mengusahakan ada 1000 kata pada halaman homepage anda dan pengulangan keyword antara 2% hingga 5%. Kepadatan keyword bisa lebih tinggi dari ini selama pengulangannya itu dalam bentuk link dan bukan teks biasa.
Kurang lebih ini ialah hal yang penting untuk anda amati saat melaksanakan meningkatkan secara optimal SEO onpage pada halaman homepage anda.

Optimasi SEO onpage pada halaman postingan

Halaman postingan yakni halaman yang mau dipercaya untuk mengungguli keyword panjang dan ini yang mau menjadi sumber trafik anda ke depannya. Makara semestinya anda senantiasa serius membuat postingan anda. Jauh lebih baik membuat 1 postingan yang serius ketimbang 10 artikel yang asal jadi.

Jika anda membuat postingan senantiasa usahakan untuk memperhatikan hal-hal yang ada di bawah ini:
  • Usahakan panjangnya lebih dari 1000 kata
  • Jika anda membuat postingan untuk persaingan yang sangat berat, maka buatlah postingan utama dan puluhan artikel pembantu yang membahas topik yang serupa dengan postingan utama sambil melakukan internal link.
  • Lakukan cetak tebal sekali saja pada tiap kata kunci di dalam postingan.
  • Jangan melaksanakan internal link dengan halaman yang tidak ada keterkaitannya dengan pembahasan postingan
  • Jika mesti memasang eksternal link usahakan tidak melebihi 2 link dan tentukan itu yaitu link yang paling berafiliasi dengan halaman web anda. Bagaimana cara mengetahui itu yakni situs yang paling berhubungan ? Praktis saja kerjakan pencarian di google dengan memakai keyword dari anchor text link yang hendak anda buat.
  • Gunakan media lain berupa gambar atau video, dan jangan lupa aplikasikan alt tag pada gambar
  • Usahakan gesekan pena anda bermutu alasannya tujuan dari melaksanakan SEO yakni menerima hadirin yang akan berkunjung kembali. Pengunjung yang kembali ini yakni hadirin yang akan melipatgandakan jumlah hadirin harian anda nantinya
  • Sebenarnya tidak ada yang namanya kepadatan kata kunci, tapi bila anda ingin merasa aman, maka anda dapat menjaga jumlah pengulangan keyword dalam batasan 2 hingga 5 persen dari jumlah kata di dalam postingan.
  • Gunakan widget postingan terkait, atau kerjakan internal link secara manual. Jika memungkinkan, maka usahakan semoga link pada sidebar cuma menunjukkan postingan yang berkaitan dengan artikel dalam halaman tersebut
  • Frekuensi update sungguh penting jadi usahakan anda bisa melaksanakan update yang sangat terpola dikala membangun website anda.
Inilah poin-poin utama dari meningkatkan secara optimal SEO onpage yang berkenaan dengan postingan.

Yang Harus Dihindari Saat Melakukan SEO Onpage

Bagi anda yang sudah membaca postingan di atas maka pastinya anda akan tahu bahwa hal-hal penting yang perlu anda hindari dalam SEO onpage sudah disinggung beberapa di atas, namun di sini akan saya perjelas lagi.
  • Hindari link keluar berada di potongan atas atau kiri halaman atau lebih dahulu dari konten utama, meskipun itu yakni sosial media anda sendiri.
  • Hindari link menuju situs web yang tidak berhubungan walaupun itu yakni link dari situs web anda sendiri
  • Dalam melaksanakan SEO onpage, penggunaan keyword itu sebaiknya alami saja, jadi hindari melaksanakan penumpukan kata kunci. Ini justru mengganggu pembaca situs web anda.
  • Script yang lambat dimuat sebaiknya dihapus saja atau pindahkan daerah penyimpanan scriptnya
  • Hindari problem pengindeksan dengan senantiasa menganalisa apakah server anda berfungsi dengan benar dan tidak memblokir robot dari search engine
  • Hindari Google mengindeks halaman yang menggunakan title tag yang serupa dengan menentukan judul setiap halaman berbeda. Dan kalau suatu judul mempunyai beberapa model penampilan semestinya blokir model yang lain dari robot mesin telusur dengan menggunakan robots.txt.
Kurang lebih inilah yang harus anda amati ketika anda melaksanakan SEO onpage. Mungkin banyak istilah yang tidak dipahami di dalam postingan di atas, sekali lagi .... anda bisa melakukan googling untuk mengetahui ungkapan-istilah di dalam bimbingan SEO onpage ini.