Rabu, 03 November 2021

Seo Checklist Terbaru 2016 (Pemula)

Untuk anda yang sudah lama melakukan SEO, biasanya ada beberapa hal yang luput dari persepsi alasannya adalah ada terlalu banyak faktor yang mesti diperhatikan sewaktu kita mengaudit langkah-langkah SEO yang dilaksanakan. Jadi dalam postingan kali ini akan dilampirkan daftar atau check list yang bisa menjadi tutorial dasar dalam melaksanakan mengembangkan secara optimal mesin pencarian

Diharapkan juga daftar ini bisa menampilkan ilustrasi untuk mereka yang gres mencar ilmu SEO. Saya akan membagi daftar ini ke dalam 4 bagian besar, yakni:
  • Tips SEO dasar
  • Optimasi SEO onpage
  • Optimasi konten
  • Optimasi SEO Offpage
Makara langsung saja kita mulai....

TIPS SEO DASAR

Gunakan Google Analytics

Buat yang akan serius belajar SEO, mesti mencar ilmu juga mengenali cara penggunaan Google Analytics, karena alat ini yang bisa memperlihatkan gambaran yang cukup lengkap perihal demographic hadirin di website kita di dalam sistem Google.

Anda juga bisa dengan mudah melihat halaman mana atau topik mana yang menjadi sasaran penjualan yang ideal, kalau anda mengetahui cara penggunaan Google Analytics. Untuk menguasai cara penggunaan Google Analytics ini anda mungkin mesti berguru selama 2 ahad, tetapi ini yakni proses yang penting bagi yang ingin menguasai SEO

Gunakan Google dan Bing Webmaster Tools

Jika anda merasa perlu untuk menemukan data-data yang menjadi faktor penentu trafik dari mesin penelusuran menuju website anda, maka menghubungkan situs web anda ke Google dan Bing webmaster tools yakni hal yang perlu anda jalankan. Semua data onpage, offpage, ranking, dan masih banyak lagi akan dengan gampang anda amati.

Cek Kecepatan Muat Halaman Web Anda

Ini yaitu salah satu hal yang perlu anda pastikan tidak berurusan, sebab bila halaman web anda berurusan dalam kecepatan muat, maka potensi seperti gagal perayapan bisa saja terjadi. Anda tidak akan mau mesin pencari ibarat Google gagal merayapi halaman anda karena terlalu usang diangkut. Kaprikornus gunakan tools Google Pagespeed Insight untuk menolong anda melaksanakan pengecekan.

Jika Menggunakan CMS Pastikan Ada SEO Plugin

SEO plugin yaitu alat yang bisa membantu anda mengatur elemen-komponen SEO di dalam setiap halaman web anda mirip title, meta description, heading, dan masih banyak lagi. Bagi anda pengguna CMS Wordpress bisa menggunakan YOAST SEO selaku plugin; karena tools ini menunjukkan pengendalian yang cukup luas dan sangat menyanggupi patokan SEO yang manis.

Gunakan Desain Website Yang Responsive

Ini ialah rancangan yang otomatis menyesuaikan lebar situs web dengan lebar layar  pengguna, sehingga akan sungguh tenteram dibaca oleh pengguna gadget mobile. Sekarang ini lebih dari 50% penelusuran itu terjadi lewat perangkat mobile, jadi anda akan sungguh rugi jikalau rancangan situs web anda tidak responsive karena Google akan menjatuhkan peringkat anda pada hasil pencarian mobile.

Cek Broken Link Di Website Anda

Ini juga perlu dimasukkan ke dalam list alasannya broken link merupakan ciri dari situs web yang tidak dikelola dengan profesional. Ini bisa mensugesti penilaian situs web anda. Makara silahkan menyelidiki situs web anda dengan memakai  http://www.brokenlinkcheck.com/

Buat Peta Situs

Di awal proses mencar ilmu SEO anda, pastikan web anda memiliki peta situs dan kirim peta situs anda di Google Webmaster Tools, ini akan menolong mempercepat perayapan dari situs anda.

Pelajari Penggunaan Robots.TXT

Robots.txt ialah cara anda menangkal googlebot merayapi halaman tertentu dari situs web anda. Ini seringkali diharapkan untuk menangkal hadirnya halaman yang serupa di Google (sama title dan konten); dan juga bisa menangkal halaman-halaman yang ingin anda rahasiakan dari lazim masuk ke dalam index Google.

Check Server

Masalah yang sering dialami oleh mereka yang menggunakan web hosting sendiri yaitu ketidakandalan dari server. Jadi sebaiknya anda mengevaluasi dengan melakukan FETCH AS GOOGLE dari Google Webmaster Tools anda (search console).

Sertifikat SSL?

Jika website anda yakni situs web yang berinteraksi dengan konsumen dan meminta konsumen menunjukkan data-data yang perlu dijaga kerahasiaannya, maka sebaiknya anda menggunakan https untuk menciptakan data dari pelanggan anda terenskripsi. Google akan menampilkan poin pemanis untuk keselamatan data pengguna ini.

OPTIMASI SEO ONPAGE

Optimasi SEO Onpage ini ialah sesuatu yang dapat anda kerjakan pribadi pada situs web anda, dan ini tergolong mengembangkan secara optimal yang praktis dilaksanakan untuk anda yang sudah berguru dan punya dasar HTML.

Optimasi Title Tag

Perhatikan 3 poin di bawah ini ketika anda melakukan meningkatkan secara optimal title tag
  • Maksimum 65 huruf sekitar 7-10 kata
  • Tempatkan keyword di posisi terdepan; jangan merk anda (jikalau belum terkenal)
  • Setiap halaman mesti beda title-nya; jangan sampai ada 2 halaman yang serupa

Optimasi Meta Deskripsi

Meta deskripsi biasanya digunakan untuk menargetkan varian kata kunci yang lebih luas. Kaprikornus meta deskripsi semestinya diisi dengan keyword yang dapat melengkapi kata kunci yang ada di title tag. Misalnya title tag anda menargetkan Jual Mobil Honda, maka anda mampu menaruh type-type dari kendaraan beroda empat honda di dalam meta deskripsi.

Panjang maksimumnya ialah 155 huruf. Jika anda ialah website bisnis, maka anda dapat menaruh nomor kontak di final deskripsi.

Heading

Pastikan anda menggunakan heading h1 hanya sekali dan memuat keyword . heading h1 ini lazimnya disamakan dengan isi dari title tag. Gunakan juga h2 dan h3 selaku tata cara heading untuk poin pembahasan dan sub poin pembahasan di dalam artikel.

Internal Link

Ini ialah link yang menghubungkan antar halaman di dalam situs web anda. Anda bisa  mengatur link yang paling penting untuk ditaruh di header dan link penunjang diletakkan pada sidebar. Pengaturan posisi link ini akan menampilkan poin yang berlawanan. Semakin di atas, dan kian di kiri, maka akan semakin besar poin yang diberikan ke halaman yang dituju.

Usahakan tidak menaruh eksternal link pada header, tergolong link sosial media anda.

OPTIMASI KONTEN

Ada beberapa hal yang perlu anda amati saat melaksanakan optimasi konten, yakni:
  • Tulisan yang lengkap dan mendetail akan disenangi oleh Google. Panjang rata-rata tulisan yang sungguh besar lengan berkuasa berkompetisi adalah 2000 kata. Tentunya ini juga dipengaruhi kompetisi. Jika pesaing anda tidak ada yang melebih 500 kata, maka anda tidak butuhhingga ke batas 2000 kata.
  • Jangan terlalu kaku dalam menyebar kata kunci. Gunakan banyak varian, dan sertakan juga persamaan kata dan perumpamaan-istilah yang biasa untuk niche yang dipilih
  • Pasang link yang anda harapkan mendapatkan klik terbanyak di sidebar atau dalam bentuk banner. Algoritma RankBrain, akan mendorong peringkat ranking dari postingan anda yang banyak mendapatkan klik
  • Gunakan Video atau Gambar di dalam posting

OPTIMASI OFFPAGE

Sebenarnya meningkatkan secara optimal offpage itu tujuannya mengoptimalkan popularitas website anda di internet. Tapi mendapatkan backlink yakni satu-satunya tata cara offpage yang menawarkan poin untuk halaman web kita. Tapi anda bisa juga menjajal beriklan di sosial media mirip facebook, mumpung rate iklan untuk Indonesia masih tergolong murah.

Btw, dari beberapa data yang saya ambil sepertinya situs web yang memasang iklan di adwords akan sungguh susah dioptimasi. Belum tahu kenapa, tetapi mungkin ini cuma prinsip ekonomi biasa yang diterapkan oleh Google. Kalau bisa bayar kenapa mesti gratis.....

Kembali ke problem backlink ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan, yakni keragaman kata kunci, nama domain, IP situs web, dofollow nofollow, dan otoritas halaman. Inti dari backlink yakni menerima profil backlink yang tampakalami oleh algoritma mesin penelusuran.

==================

Ok, itu sudah cukup menjadi check list bagi mereka yang baru mau mengawali mencar ilmu SEO. Yang perlu menjadi catatan ini bukanlah proses yang dapat selesai dalam sepekan, anda mungkin perlu jerih payah 1 bulan hingga 3 bulan untuk mulai menyaksikan hasil dari optimasi anda.