
Praktisi SEO yang berupaya meraba-raba faktor SEO apa saja yang berpengaruh besar dan berupaya menyimpulkan mana aspek SEO yang paling utama dan wajib menerima konsentrasi terbesar di dalam meningkatkan secara optimal.
MOZ, backlinko, dan masih banyak lagi praktisi SEO internasional sudah melaksanakan riset untuk ini. Makara anda bisa belajar dari situs web-situs web mereka.
Di blog trikmudahseo ini saya cuma mau membagikan 3 serpihan besar dari faktor SEO yang wajib anda pahami. Saya akan menyusunnya berdasarkan urutan yang wajib anda amati untuk membuat lebih gampang meningkatkan secara optimal anda.
Anda bisa membolak-balik urutan ini, tetapi saya sungguh percaya anda akan menerima kesulitan besar di dalam mengembangkan secara maksimal bila anda melakukannya.
Ok, jadi 3 bab utama dari faktor optimasi SEO yang mesti anda amati yaitu:
- ONPAGE
- USER EXPERIENCE
- BACKLINK
Kenapa urutannya seperti ini? Saya akan jelaskan satu per satu.
Faktor SEO Onpage
Faktor SEO Onpage saya letakkan di urutan pertama, karena suatu argumentasi yang sederhana. Onpage yakni hal yang paling pertama bersentuhan dengan mesin telusur. Onpage yaitu faktor SEO yang menentukan apakah halaman situs web anda akan diindex di kata kunci yang anda harapkan.
Faktor SEO onpage yang memilih apakah halaman situs web anda dianggap bekerjasama untuk keyword yang anda inginkan. Jika halaman website anda dianggap tidak relevan untuk keyword yang anda targetkan, maka meningkatkan secara optimal anda yang berikutnya akan sungguh susah.
Beberapa aspek SEO Onpage yang wajib anda amati ialah:
- Title tag dan meta description
- Konten yang lengkap
- Sitewide link.
Title dan meta description telah terperinci mesti mengandung keyword . Ini tidak butuhdibahas lebih jauh lagi. Yang sering memiliki dilema ialah konten yang lengkap dan sitewide link.
Konten yang lengkap artinya anda mesti berusaha memberikan halaman yang memberikan penjelasan yang lengkap untuk suatu dilema. Semakin lengkap halaman web anda maka kian besar poin relevansi yang anda dapatkan.
Banyak orang malas sekali menulis tetapi senantiasa berkhayal websitenya ranking 1 di keyword yang ditargetkan. Anda harus mencatat bahwa anda bukan satu-satunya yang menargetkan suatu keyword . Kalau anda malas, maka ranking anda juga akan malas bergerak.
Hal lain yang harus anda perhatikan yaitu di tiap niche senantiasa saja ada keyword yang menjadi sumber trafik utama. Artikel-postingan dari kata-keyword utama ini harus menjadi prioritas utama anda dan mendapatkan sitewide link di situs web anda. Sitewide link yakni link yang timbul di semua halaman di situs web anda....
Artikel-postingan utama adalah halaman-halaman yang pantas mendapatkan prioritas sitewide link ini, selain halaman-halaman pembagian terstruktur mengenai pastinya. Makara usahakan di sidebar anda selalu ada widget LABELS dan widget TOP POSTS.
Faktor SEO USER EXPERIENCE
Ok, kini anggap saja konten anda sudah mantap onpage-nya. Apakah itu sudah cukup? Ternyata belum. Onpage yang maksimum hanya akan membantu Google mengenali konten anda dan menganggapnya cukup baik untuk disuguhkan.Kaprikornus kini Google akan sesekali menyajikan konten anda ke penggunanya. Anggaplah keyword tersebut memiliki 1000 pencarian per hari. Dari 1000 penelusuran ini Google kerap kali akan menimbulkan halaman-halaman baru di peringkat teratas untuk menyaksikan reaksi hadirin kepada halaman-halaman gres ini.
Reaksi hadirin ini disebut selaku user experience.... Di sini Google akan melihat apakah pengunjung bertahan melalui batas waktu tertentu, atau ... pengunjung mendatangi halaman lain di website anda,... atau malah kabur dari situs web anda sebelum deadline yang diperlukan oleh Google tercapai.
Yang bermain di user experience ini bukan cuma kelengkapan konten anda, namun juga desain dari halaman web dan gaya bahasa goresan pena anda. Ini mampu dilihat dari beberapa hal berikut ini:
- Apakah desain web anda mempunyai navigasi yang gampang untuk hadirin?
- Apakah goresan pena anda enak dibaca?
- Apakah pengunjung terpancing berkomentar?
- Apakah hadirin membaca postingan anda lainnya?
Selain itu ada beberapa hal lainnya yang hendak membuat pengunjung merasa tidak betah di website anda:
- Teks anda terlalu kecil atau terlalu besar
- Tulisan anda terlalu panjang di tiap paragrafnya
- Kontrasnya menyakitkan mata
- Tidak scanable
Apa itu scanable? Anda mesti tahu walaupun artikel anda lengkap? Biasanya pembaca merasa cuma ingin membaca hal yang dibutuhkannya saja. Makara anda mesti mampu menolong pembaca anda biar mereka dengan cepat mendapatkan apa yang dibutuhkannya.
Anda mampu melaksanakan ini dengan menunjukkan daftar pembahasan yang dibahas di postingan tersebut, atau memperlihatkan poin-poin dan cetak tebal pada hal-hal yang penting.
Faktor SEO Backlink
Backlink sudah jatuh dari posisinya yang sangat lebih banyak didominasi di dalam meningkatkan secara optimal. Berbeda dengan 10 hingga 5 tahun yang kemudian di mana backlink yakni faktor SEO yang begitu menentukan peringkat. Sekarang backlink menjadi salah satu faktor pelengkap saja di dalam optimasi.Tapi bukan mempunyai arti backlink sudah tidak penting lagi....
Kalau anda cukup mengamati hasil-hasil penelusuran di SERP, anda akan memperoleh bahwa aneka macam situs web yang backlinknya sangat rendah ketika ini mampu menjadi ranking 1. Kalau anda memperhatikan umumnya halaman mirip ini bukan cuma mempunyai konten yang panjang, namun juga umur yang sudah lama (di atas satu tahun), dan memiliki banyak komentar dari pengunjungnya.
Makara dikala ini masih terlalu sukar untuk mengungguli kompetisi hanya dengan mengandalkan postingan yang lengkap saja. Kenapa? Karena banyak sekali orang yang mampu menciptakan postingan yang mempunyai pembahasan yang lengkap.
Biasanya postingan yang lengkap ini mesti "sudah mengambarkan diri" dalam kala waktu yang panjang dan mendapatkan banyak tanggapandari pengunjungnya. Jika artikel ini bisa melalui waktu yang panjang ini dan mendapatkan banyak respon, maka mampu dikatakan artikel ini akan bisa ranking tanpa backlink sedikitpun.
Tapi bila anda mau menyaingi postingan yang memiliki reputasi mirip ini? Anda tidak akan bisa menang cuma mengandalkan postingan baru yang panjang. Usia postingan dan komentar yang panjang yang tidak mampu anda peroleh dalam waktu singkat ini cuma akan bisa anda imbangi dengan menambahkan backlink....
Hanya saja untuk keyword yang persaingannya berat; anda tidak akan mampu menyingkirkan begitu saja peringkat 5 besar cuma dengan menambahkan backlink.
Kalau anda menargetkan keyword yang merepotkan, maka anda harus bersabar untuk mendapatkan ranking yang anda harapkan. Google akan betul-betul menilai user experience di halaman website anda untuk sementara waktu (bisa 2 hingga 4 bulan) sebelum mengizinkan anda naik ke peringkat 5 besar.
Proses ini bisa saja tidak terlampau lama kalau anda hanya menargetkan keyword yang persaingannya ringan....
Makara memang backlink tidak sepenting dahulu, tetapi berharap anda bisa ranking di kompetisi keras tanpa backlink itu juga masih terlalu berimajinasi . Jelas sekali backlink masih mempunyai peranannya, alasannya saya masih memerlukan backlink untuk mengoptimasi kata-kata kunci bahasa inggris.
Seandainya backlink sudah tidak penting lagi, pastinya backlink tidak akan membuat perubahan peringkat yang aktual....dan betul-betul tidak dibutuhkan lagi.
3 HAL DI ATAS INILAH YANG HARUS MENJADI FOKUS ANDA SAAT MEMBUAT WEBSITE DI PERSAINGAN BERAT... MENGABAIKAN SALAH SATUNYA BISA MEMBUAT OPTIMASI ANDA MENJADI SIA-SIA.