
Ada dua hal penyebab utama ranking anda tetap tetapi trafik hadirin menyusut, ialah:
- Frekuensi update menyusut, dan
- Anda bermain di keyword yang keras kompetisi adwords-nya
Frekuensi Update Berkurang
Memang benar ranking untuk kata-keyword utama anda masih tetap. Tapi menurunnya frekuensi update bisa menurunkan trafik yang tiba dari "langganan" anda. Jika situs web anda memiliki hadirin yang berlangganan, atau yang memang sering mencari update dari blog anda, maka anda akan kehilangan pengunjung menyerupai ini saat anda meminimalkan frekuensi update dari website anda.Selain itu trafik anda bukan hanya disumbang oleh kata-keyword utama, tetapi juga kata kunci-keyword yang long tail.
Potensi trafik masing-masing long tail keywords ini memang kecil, namun bila varian kata kuncinya luas, maka ujung-ujungnya anda akan kehilangan hadirin dalam jumlah yang signifikan; sebab frekuensi update yang melambat umumnya kuat ke kata-kata kunci menyerupai ini.
Anda Bermain Di Kata Kunci Persaingan Keras Adwords
Boleh jadi ranking anda tetap ranking 1. Tapi belakangan bertambah banyak pengiklan adwords di Google yang nge-bid keyword andalan anda. Akhirnya di hasil pencarian Google timbul 1 iklan, kemudian jadi 2 iklan, kemudian jadi 4 iklan, dan kesannya anda berada di barisan ke 5.Ya! Peringkat 1 organik bisa jadi peringkat ke 5 jikalau ada 4 hasil penelusuran berbayar di atasnya. Kata kunci yang bisa menyumbang 500 hadirin per hari, bisa jadi cuma menyumbang 200 hingga 300 hadirin per hari kalau kejadiannya seperti ini.
Kaprikornus memang benar, layout iklan adwords di SERP Google mulai dikeluhkan para pemilik website yang mengandalkan hasil pencarian organik.